Minggu, 29 November 2015

Salam, artinya damai; pernyataan hormat. Dalam pandangan Islam, mengucapkan salam Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh atau ringkasnya Assalamu'alaikum artinya menyampaikan pesan damai, rasa hormat dan do'a.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya "Semoga keselamatan, keberkahan dan kasih sayang (rahmat) dari Allah SWT menyertai mu atau kalian". Al-Qur'an menegaskan, selain do'a, salam adalah penghormatan.

"Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu" (Q.S. An-Nisaa : 86).

Dalam surah tersebut diingatkan, jika ada yang mengucapkan salam, maka jawablah dengan proporsional (seimbang) dan lebih baik jika di "lebihkan".

Misalkan, ada yang mengucapkan salam "Assalamu'alaikum". Maka minimal kita menjawab "Wa'alaikumsalam" dan akan lebih baik lagi jika kita menjawab "Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh". Semakin lengkap ucapan salam kita, maka semakin baik dan makin besar pahalanya.

Imran bin Husain ra mengisahkan, ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah SAW dengan mengucapkan "Assalamu'alaikum", setelah itu beliau berkata "Sepuluh" (maksudnya, pahalanya 10). Kemudian ada yang datang lagi lainnya mengucapkan "Assalamu'alaikum Warahmatullahi". Beliau berkata "Dua puluh". Selang beberapa waktu kemudian, ada yang datang lagi dan mengucapkan "Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh". Dan Rasullah berkata "Tiga puluh". (HR. Daud dan Tirmidzi).

Hukum mengucapkan salam adalah SUNNAH, namun menjawabnya adalah WAJIB. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menebarkan salam sesama muslim. "Apabila di antara kalian berjumpa dengan saudaranya, maka hendaklah mengucapkan salam kepadanya. Apabila terhalang oleh pohon, dinding atau batu (besar), kemudian dia berjumpa lagi, maka hendaklah dia mengucapkan salam (lagi)." (HR. Abu Dawud).

Yuk selalu tebar salam ke sesama muslim :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar